Sunday, June 23, 2013

BAHAYA PUJIAN

Bagi yang tidak berhati-hati dan tidak kuat iman, akan banyak kerusakan yang timbul, bila sudah diperbudak dan mabuk pujian.


Seperti orang yang mabuk; berpikir, berbicara, bersikap dan mengambil keputusan dengan tidak normal.


Hati akan kehilangan keikhlasan, mudah tersinggung dan sakit hati bila orang tidak memuji atau memperlakukannya tidak sesuai dengan harapan.

Setiap hari sibuk membangun "kemasan" (topeng) demi penilaian orang, walau harus menanggung resiko yang berat.

Hubungan dengan Allahpun semakin terhijab (terhalang). Walaupun banyak ilmu agamanya dan rajin ibadahnya, karena di hatinya bukan Allah tujuannya, melainkan sanjungan dan pujian manusia.

Dalam Hadits shahih diriwayatkan suatu ketika seorang sahabat memuji kawannya secara langsung, maka Rasulullah Saw bersabda: "Kamu telah memenggal leher saudaramu dengan tanpa pisau (pujianmu itu sebenarnya telah membunuh keikhlasannya." HR. Al-Bukhari Dan Muslim.

Banyak orang ingin dipuji; karena ilmunya, karena parasnya yang elok (ganteng atau cantik), karena kedudukannya, karena kekayaannya dan sebagainya, tanpa mereka sadar bahwa keinginan atas pujian itu adalah sebab kebinasaan.


Maka berhati-hatilah saudara-saudaraku terhadap pujian,orang bijak mengatakan; Kata PUJIAN jika dibuang huruf "P"nya maka menjadi; UJIAN. itulah hakikat bahwa sesungguhnya PUJIAN adalah UJIAN bagi keikhlasan.

No comments:

Wasatiyyah Concept

Wasatiyyah is a moderate concept in Islamic practice. The word wasatiyyah is derived from the word wasatan (وسطا) found in the Qur'an...